Investasi Emas Perhiasan Boleh Saja, Asal Perhatikan 5 Hal Ini

131
Investasi Emas Perhiasan Perhatikan Hal Ini

Emas perhiasan kerap dijadikan investasi, terutama oleh kaum wanita. Salah satu kelebihan emas perhiasan sebagai investasi antara lain mudah didapatkan, bisa dibeli di pasar tradisional hingga mal. Jika membeli di toko emas tradisional, harganya pun masih bisa ditawar. Menjualnya kembali juga relatif mudah karena toko emas tersebar di mana-mana, tidak hanya di perkotaan saja.

Selain itu kaum wanita menyukai emas perhiasan karena bisa dijadikan aksesoris yang mempercantik penampilan. Emas perhiasan dipakai ke acara-acara istimewa untuk menambah gaya dan gengsi pemakainya.

Sama seperti emas batangan, harga emas perhiasan mengikuti harga emas dunia. Karena itu, membeli emas perhiasan juga bisa mendatangkan sejumlah return atau imbal hasil dalam jangka waktu yang cukup panjang. Namun, ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan investor emas perhiasan sehingga menurunkan nilai jualnya.

Jika kamu tertarik berinvestasi emas perhiasan, simak penjelasan berikut ini agar dapat memaksimalkan keuntungannya.

1. Membeli emas putih

Sebagian orang lebih menyukai emas putih untuk dijadikan perhiasan karena terlihat lebih mewah dan modern. Harga beli emas putih lebih mahal dibandingkan emas kuning antara lain karena pembuatannya yang lebih rumit. Tetapi jika menjualnya kembali, harga emas putih akan lebih turun dibandingkan harga emas kuning. Karena itu bila tujuanmu ingin berinvestasi dengan emas perhiasan, lebih baik membeli emas kuning daripada emas putih.

2. Memilih desain yang rumit

Saat membeli emas perhiasan, ada biaya pembuatan yang dikenakan pada harga belinya. Karena ingin tampil menarik, mungkin kamu akan meminta toko emas membuat perhiasan dengan desain yang tidak biasa. Namun bila kamu menjualnya kembali, perhiasan dengan desain rumit harganya akan lebih turun dibandingkan perhiasan yang berdesain standar. Pasalnya, toko emas hanya akan membeli perhiasan berdasarkan berat dan kadar emas. Biaya pembuatan atau ongkos produksi tidak akan dihitung.

Jika tujuanmu ingin berinvestasi dengan emas perhiasan, hindari juga menambahkan batu-batu mulia dalam perhiasan karena akan menurunkan harga jualnya.

3. Tidak mengecek kadar emas

Kadar emas bervariasi dari 10 Karat, 12 Karat, 14 Karat, 22 Karat hingga 24 Karat. Makin tinggi kadar emas, artinya makin murni dan makin tinggi pula harganya. Di toko perhiasan kadar emas juga sering diukur dengan persentase, misalnya perhiasan dengan kadar emas 80% artinya perhiasan tersebut dibuat dari emas murni 80% dan 20% dari campuran logam lain.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

    Seringkali pembeli emas perhiasan lupa atau abai mengecek kadar emas yang dibelinya. Yang penting harganya murah dan sesuai isi kantong. Giliran menjualnya kembali, ternyata malah rugi karena kadar emasnya kecil.

    Di sejumlah toko emas kamu bisa meminta uji kadar emas sebelum membeli, tapi dengan biaya tertentu. Salah satu ciri emas murni adalah makin tinggi kadarnya, fisiknya juga makin lunak. Karena itu, pastikan kamu membeli emas perhiasan di tempat yang bereputasi baik.

    4. Tidak hati-hati menyimpannya

    Emas perhiasan yang tergores atau pudar akan menurunkan nilai jualnya. Sebab itu kamu perlu merawat dan menyimpannya dengan hati-hati. Jauhkan emas perhiasan dari sinar matahari langsung dan taruh di dalam kotak perhiasan dengan bahan pelapis yang lembut.

    Jangan menyimpan emas perhiasan bersama-sama aksesori berbahan lain seperti kayu atau plastik karena bisa merusaknya. Kalau kamu tidak memiliki kotak perhiasan berbahan lembut, kamu juga bisa membungkus emas perhiasan dengan tisu agar tidak lembab dan tergores benda lain.

    5. Tidak menyimpan kuitansi pembelian

    Membeli emas perhiasan di toko emas tradisional hanya akan memperoleh kuitansi pembelian sebagai bukti yang menerangkan berat dan kadar emas di dalamnya. Sebab itu kamu perlu menyimpan kuitansi tersebut baik-baik jika akan menjualnya kembali.

    Sejumlah toko emas perhiasan ternama bahkan sekarang mengeluarkan sertifikat dari pabrik untuk konsumennya. Sertifikat ini akan menjadi bukti keabsahan kadar dan berat emas perhiasanmu dan bisa jadi pegangan agar tidak mudah dipermainkan pedagang saat menjualnya kembali.

    Jadi, sebelum membeli emas perhiasan untuk investasi, ingat-ingat dulu sejumlah kiat di atas, ya. Selamat berinvestasi!

    Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu