Setelah Mulai Investasi, Maksimalkan Dengan 6 Langkah Ini

105
Setelah Mulai Investasi, Maksimalkan Dengan 6 Langkah Ini

Setelah memulai investasi, langkah selanjutnya dari investor pemula adalah perlu mengetahui cara mengelola dana investasi agar terus berkembang. Pengetahuan mengenai investasi dan pengalaman kamu selama berinvestasi akan membuat kamu semakin lihai dalam mengelola aset. Apa saja cara untuk memaksimalkan dana investasi? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Baca juga: Kiprah Hafmi Adithyo Kenalkan Kopi Nusantara

1. Miliki Aset Saham

Investasi saham bisa memberikan keuntungan melebihi 20% per tahun walau ada risiko yang menyertainya. Karena risikonya termasuk tinggi, investasi saham kurang menjadi favorit di Indonesia dibandingkan investasi properti. Namun, potensi keuntungan investasi properti hanya berkisar 10% per tahun.

Karena itu investasi saham merupakan salah satu cara memaksimalkan dana investasi kamu.

2. Diversifikasi Aset

Pasar keuangan merupakan pasar yang memiliki volatilitas atau gejolak pergerakan dalam tiap hari perdagangan. Ada tren pergerakan harga dalam satu rentang waktu yang pendek, sedang dan jangka panjang. Harga saham, misalnya, tidak selalu naik, karena ada waktunya koreksi atau tren bearish.

Karena itu, dalam berinvestasi kamu harus memiliki aset selain saham untuk penyeimbang di saat harga saham turun, seperti obligasi atau deposito yang memberi bunga tetap walaupun kecil.

Dalam dunia investasi ada istilah “Don’t put all your eggs in one basket“. Dana yang kamu punya diibaratkan telur yang akan menjadi anak ayam dan berkembang lagi menjadi induk ayam yang akan menghasilkan telur lagi hingga ayamnya bertambah sangat banyak. Jika kamu menaruh semua telur di satu keranjang maka ada kemungkinan beberapa telur pecah. Telur yang pecah adalah dana investasi yang hilang akibat kerugian.

3. Sisihkan Dana Tunai

Menyiapkan dana tunai penting sekali untuk memaksimalkan hasil investasi. Bila ada harga saham perusahaan bagus sedang turun tajam, maka merupakan saat yang tepat untuk membeli. Namun jika saat itu kamu tidak memiliki dana tunai maka hilanglah kesempatan memiliki saham bagus tersebut.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

    Karena itu ketersediaan dana tunai sangat penting dalam mengelola investasi. Itu sebabnya, investasi berkala seperti di reksa dana sangat penting karena dana tunai yang didebet dari rekening bank kita bisa dibelikan saham bagus dalam kondisi demikian oleh manajer investasi.

    4. Realokasi Aset

    Mungkin kamu sudah memiliki aset investasi yang lengkap mulai dari deposito, saham, reksa dana, dan emas. Seiring pergerakan pasar keuangan yang dinamis, ada saatnya nilai aset kamu menurun. Misalnya, bunga acuan bank diturunkan oleh Bank Indonesia sehingga bunga deposito kurang menarik. Dalam kondisi seperti ini kamu bisa mengalihkan dana di deposito tersebut ke aset yang sedang menguat seperti saham agar imbal hasil yang kamu peroleh maksimal.

    5. Berinvestasi Secara Disiplin dan Rutin

    Jika kamu berinvestasi rutin tiap bulan dan secara disiplin, dengan dana tetap bahkan cenderung dinaikkan, maka dalam rentang waktu menengah seperti lima tahun kamu berpeluang besar memperoleh hasil yang baik. Komitmen ini yang terkadang sulit dilakukan oleh investor karena seringkali ada godaan belanja atau kebutuhan yang mendesak.

    6. Cari Biaya Rendah

    Instrumen investasi tidak lepas dari pajak yang dikenakan oleh pemerintah. Di deposito ada pajak bunga sebesar 20 persen. Demikian pula pada obligasi ada pajak 15 persen terhadap kupon obligasi, namun jika obligasi tersebut ada di dalam produk reksa dana, pajak yang dikenakan pada kupon hanya 5 persen. Sementara di saham, untuk trading online biasanya ada biaya jasa beli dan biaya jasa jual, rata-rata sebesar 0,15 persen dan 0,25 persen.

    Besaran pajak akan menentukan pula imbal hasil dari investasi kamu. Makin tinggi pajaknya, tentu akan makin mengurangi imbal hasil yang kamu peroleh.

    Baca juga: Dari Hobi Blogging Jadi Bisnis Menjanjikan

    Dengan memperdalam terus pengetahuanmu mengenai investasi dan mengevaluasi aset secara berkala, kamu pasti dapat mencari cara terbaik untuk memaksimalkan nilai investasimu.

    Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu