Premi Asuransi Terjangkau? Bisa, Kok

91

Saat ini asuransi tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Masyarakat juga mulai disadarkan pentingnya proteksi dini melalui asuransi. Sayangnya jarang ada harga premi asuransi terjangkau  terutama premi asuransi dari perusahaan yang sudah kondang.

Baca juga: Cermat Memilih Manfaat Asuransi Sesuai Kebutuhanmu

Eh, apa itu premi asuransi?

Premi asuransi adalah sejumlah uang yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi atau perusahaan reasuransi dan disetujui oleh Pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi atau perjanjian reasuransi. Kalau di asuransi syariah, premi biasa disebut “kontribusi”.

Mahalnya harga premi disebabkan banyak faktor, misalnya jenis asuransi, karakter si tertanggung, dan riwayat kesehatan. Tetapi jangan putus asa dulu. Proteksi melalui asuransi sangat penting dan kamu bisa mengatasi mahalnya premi dengan beberapa tips di bawah ini. Yuk, disimak:

Membeli premi asuransi mumpung masih muda

Kesadaran ikut asuransi biasanya baru muncul saat orang menginjak masa dewasa, padahal umur sering menyebabkan harga premi menjadi super mahal karena risiko yang ditanggung perusahaan asuransi juga besar. Nah, berhubung kamu masih sangat muda dan produktif, kenapa tidak ikut asuransi dari sekarang? Harga premi asuransinya jauh lebih murah, lho, ketimbang kamu ikut saat usiamu di atas 30 tahun.

Berita baik yang lain, beberapa perusahaan asuransi malah tidak mewajibkan tes kesehatan untuk peserta berusia muda karena diasumsikan masih sehat. Pertimbangan usia sangat penting untuk perusahaan asuransi terutama jika yang kamu incar adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

    Ikut asuransi murni

    Saat ini perusahaan asuransi lebih kreatif dengan menciptakan unit link—asuransi sekaligus investasi. Pemegang polis asuransi unit link ini bisa mendapatkan imbal hasil investasi alih-alih kehilangan uang 100 persen karena tidak menggunakan fasilitas asuransi tersebut. Sayangnya asuransi jenis ini lebih mahal karena ada dana yang harus diinvestasikan.

    Jika ingin mendapatkan premi lebih murah, baiknya kamu mengambil asuransi jiwa murni yang memberikan proteksi sepenuhnya. Asuransi murni ini tidak akan ada penggantian premi kepada peserta dan premi hangus pada akhir masa pembayaran premi.

    Namun, tujuan utama memiliki asuransi adalah perlindungan dan bukan keuntungan, bukan?

    Nilai pertanggungan yang tidak muluk-muluk

    Premi asuransi menjadi mahal juga karena nilai uang pertanggungan yang tinggi. Memang masuk dalam logika kalau nilai uang pertanggungan berbanding lurus dengan harga premi.

    Misalnya, premi untuk uang pertanggungan Rp1 miliar pasti lebih mahal dibandingkan premi untuk pertanggungan Rp500 juta dengan jangka waktu yang sama.

    Kamu disarankan menghitung nilai uang pertanggungan asuransi dengan mempertimbangkan kebutuhan dan inflasi pada masa mendatang. Selain itu, yang ramah dengan kantongmu.

    Baca juga: Milenial, Jangan Lupa Financial Check Up!

    Lupakan asuransi seumur hidup

    Untuk membuat premi murah, kamu tidak perlu mengambil asuransi seumur hidup, yang preminya meningkat menyesuaikan umur kamu. Sebab, premi asuransi seumur hidup ini lumayan mahal.

    Kamu bisa memilih asuransi dengan kontrak perlindungan 5-20 tahun saja karena memiliki perbedaan pada premi yang akan dibayar. Bagaimana cara menghitung sejauh mana kamu membutuhkan asuransi? Kamu bisa menghitung dalam berapa lama anak-anakmu bisa mandiri.

    Hindari rider asuransi

    Rider adalah asuransi tambahan yang biasanya menambahkan manfaat pada asuransimu. Rider termasuk faktor yang membuat premi asuransi kamu lebih mahal karena ada tambahan dana yang harus dibayar.

    Kamu bisa mengecek rider di dalam proposal asuransi dan meminta agen asuransi untuk mengurangi rider jika dana yang kamu bayarkan menjadi lebih besar. Bukan rahasia lagi kalau agen asuransi suka serta merta menambahkan rider dalam proposal.

    Baca juga: 8 Cara Cerdas Mengelola Keuangan

    Jadi, pelajari kebutuhan proteksimu dan cermati setiap penawaran dari perusahaan asuransi agar kamu bisa memperoleh perlindungan maksimal dengan premi terjangkau.

    Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu