Hobi Bermanfaat yang Bisa Bikin Kamu Panen Uang

57

Semua orang punya hobi. Pasti kamu juga, kan? Bahkan hobi bermanfaat termasuk hal penting dalam CV saat melamar kerja, karena bisa mencerminkan apa yang disukai dan dikerjakan si pelamar saat waktu senggang. Meskipun cenderung dilakukan pada waktu luang, ternyata hobi juga bisa dilakukan secara komersial alias untuk mendapatkan uang.

Baca juga: Cara Mendatangkan Pendapatan dari Hobi Menulis

Terbukti banyak orang yang menyeriusi hobinya dan akhirnya memutuskan untuk keluar dari pekerjaan formal karena sudah menghasilkan uang yang lumayan. Nah, berikut beberapa hobi yang bisa membuat dompetmu serasa “bulan muda terus” alias baru gajian. 

Apa saja hobi bermanfaat itu?

 Fotografi

Kalau kamu termasuk pecinta fotografi, kenapa tidak mendulang uang dari hobi itu? Banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk menjadi fotografer pernikahan, forografer event di sekitarmu, bahkan membuka jasa pembuatan pas foto. Promosinya bisa lewat media sosial sehingga murah meriah. 

Kalau kamu cenderung menyukai foto indah dan suka berburu foto hingga ke kawasan pelosok, kamu bisa juga menjual hasil fotomu. Kamu tinggal mendaftarkan diri ke situs penyedia foto seperti pixabay atau shuttlestock. Mereka akan menjadi perantara penjualan fotomu, dan tentu saja menjaga keabsahan hak cipta.

Menulis

Menulis juga bisa mendapatkan rupiah, terutama bila kamu jago merangkai kata dan memiliki pengetahuan luas di bidang tertentu. Kamu bisa mempublikasikan tulisanmu lewat blog, kemudian memasang adsense untuk menjaring iklan.

Kalau kamu suka menulis novel atau cerita fiksi, ada juga situs tertentu yang memfasilitasi hobi menulis kamu itu. Berita lebih baiknya, kamu bahkan bisa memasang harga tiap bab novelmu pada pembaca. Mirip royalti tetapi lebih keren. Saat membutuhkan uang, kamu tinggal menarik royaltinya dan uang mengucur ke rekeningmu. Kemudahan internet dan teknologi memang membuat semuanya mungkin.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Baca juga: Berawal dari Hobi, Dulcet Pattiserrie Jadi Kedai Dessert Kenamaan!

Jalan-jalan

Mungkin kamu hobi jalan-jalan dan suka menceritakan pengalaman kamu. Kalau begitu kenapa kamu tidak menjadi travel blogger? Ini menghasilkan rupiah juga, lo. Bahkan kalau sudah memiliki banyak pengikut di media sosial yang setia mengikuti perjalananmu, kamu bisa mendapatkan sponsor yang membiayai hobimu itu.

Lumayan, kan, jalan ke tempat jauh dan mahal tetapi gratis. Kamu cuma diwajibkan menulis perjalananmu dan memberitahu sponsornya di tulisan atau video yang kamu hasilkan.

Masak

Punya hobi masak juga bisa menghasilkan uang.  Sebelumnya kamu harus pastikan masakan kamu itu  enak dengan memberikan sampel ke keluarga, teman, dan pacar terlebih dahulu. Kalau rasanya sudah konsisten, coba tawarkan aneka masakanmu ke teman-teman di Facebook atau media sosial lainnya. Tentu saja dengan model open purchase order (PO). Seandainya suka, minta mereka promosi di media sosial masing-masing. Dijamin setelah itu order kamu akan mengalir deras.

Menjahit

Meskipun pakaian sekarang bisa dibeli di toko baik online maupun offline, jasa penjahit tetap dibutuhkan. Kalau kamu hobi menjahit, kenapa tidak kamu ambil kesempatan emas itu? Kamu bisa menjahit pakaian pesanan atau bisa juga menjahit pakaian dengan model unik yang contohnya ditawarkan ke media sosialmu. Pasti ada saja yang tertarik untuk memesan. Kalau ternyata banyak yang memesan, kamu bisa membuka konfeksi kecil-kecilan dengan melibatkan tenaga kerja. Hitung-hitung membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran.

Kalau kamu tekun, pastinya hobimu ini akan menguntungkan.

Menggambar

Banyak orang yang hobi mengambar, tetapi hanya sedikit yang bisa menyalurkan hobi bermanfaat itu untuk tujuan komersil. Padahal tidak semua orang memiliki skill menggambar.

Nah, kalau kamu berbakat dan hobi menggambar, kamu bisa mendapatkan uang dengan menggambar untuk desain kaus, buku,  bahkan kartu ucapan. Kamu bisa juga membuat karikatur bahkan lukisan foto yang saat ini lagi tren. Promosikan hasil karyamu yang keren itu dengan media sosial, dan pasti ada saja yang mau berminat.Kalau kamu ingin lebih serius, kamu bisa menawarkan keterampilanmu pada perusahaan yang membutuhkan jasa gambar.

Membuat Video

Kamu agak narsis dan hobi merekam apapun yang kamu lakukan baik receh maupun yang penting? Hobi bermanfaat  ini ternyata juga bisa membuatmu kaya raya. Kamu bisa membuat video yang menarik dan menayangkannya di YouTube. Bila jumlah subcribers kamu banyak dan mencapai target YouTube, maka YouTube akan membayarmu. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan dana ekstra dari program iklan seperti adsense per klik.

Baca juga: Dari Hobi Bersepeda, Kini Jadi Bisnis Sukses

Yang sudah kaya raya dengan hobi membuat video itu misalnya Atta Halilintar. Kenapa kamu tidak jadi yang berikutnya? Jadi, mari mulai mengomersilkan hobi bermanfaat. Jangan hobi sekadar hobi saja. Mumpung masih muda, kesempatan selalu bisa diraih.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu