Tetap Waspada, Ini Tips Belanja Saat Covid-19

78
belanja saat corona

Wabah virus Covid-19 memang sedang meresahkan banyak orang. Oleh karenanya dibutuhkan tips belanja saat covid-19 karena pemerintah bahkan sudah mengeluarkan anjuran tetap tinggal di rumah untuk mengurangi risiko penularan. Apalagi korban meninggal di Indonesia akibat virus yang belum ada vaksinnya ini sudah mencapai di atas 50 jiwa.

Baca juga: Cegah Kecanduan Belanja Online

Kondisi Indonesia masih lebih baik ketimbang negara tetangga. Malaysia misalnya, yang dengan tegas melakukan lock-down negaranya. Di Indonesia meskipun ada anjuran tetap di rumah dan physical distancing, kamu tetap punya kesempatan untuk keluar rumah kalau ada keperluan mendesak.

Mungkin saat ini kamu termasuk mereka yang sedang galau karena harus terus-terusan di rumah, padahal banyak hal yang harus kamu lakukan seperti belanja kebutuhan harian. Masak, sih, harus makan mi instan terus-terusan di rumah?

Kalau memang harus terpaksa keluar rumah, apa boleh buat. Tetapi tentu saja harus hati-hati.

Berikut ini beberapa tips belanja aman saat wabah virus Covid-19 yang bisa kamu contek.

Atur waktu berkunjung yang tepat

Tips belanja saat covid-19 yang pertama adalah jangan mengunjungi pusat perbelanjaan atau toko grosir saat ramai karena bisa memperbesar risiko penularan virus Covid-19.

Bagusnya kamu datang pada saat tidak terlalu banyak orang berbelanja, misalnya hari biasa atau tanggal tua. Saat-saat itu pastinya tidak terlalu banyak orang.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu

Kamu juga harus tahu jam berapa yang paling tepat untuk berbelanja.

Beberapa swalayan memang punya waktu tersendiri untuk mengeluarkan stok daging atau ikan yang baru. Jadi kamu tetap bisa datang dan mendapatkan bahan makanan terbaik.

Buat daftar belanjaan

tips belanja saat covid-19

Kalau biasanya kamu berkeliling ke setiap rak swalayan tanpa rencana matang, kali ini kamu harus membuat catatan dari rumah! Ini penting untuk menghemat waktu karena lebih baik tidak terlalu lama berada di tempat yang banyak pengunjungnya.

Buat daftar belanjaan dengan memisahkan jenisnya. Misalnya kopi, gula dan teh, mungkin bisa ditemukan di rak yang sama. Begitu juga pembersih lantai, sabun, dan deterjen bisa ditemukan di rak yang tidak berjauhan.

Dengan daftar belanjaan seperti itu kamu akan berbelanja dengan efisien dan cepat pulang ke rumah.

Berbelanjalah secukupnya. Jangan lantas panic buying. Ingat, pemerintah sudah menegaskan stok bahan pangan dan lain-lain tersedia cukup banyak.

Kalau perlu pakai sarung tangan

Bukan ingin lebay, sih, tetapi kamu harus tahu setiap produk yang kamu beli pasti sempat “terpegang” orang lain. Jadi paling aman, ya, membawa sarung tangan. Sarung tangan itu akan melindungi kamu saat berbelanja, apalagi butuh waktu untuk sampai rumah dan mencuci tangan.

Tidak punya sarung tangan? No problem.

Saat ini banyak swalayan yang menyediakan hand sanitizer. Pakai dulu hand sanitizer yang sudah ada setelah berbelanja.

Tetapi ingat, begitu kamu sampai rumah, langsung cuci tangan dengan sabun dan bersihkan dengan air yang mengalir. Jangan coba-coba memegang muka, mulut, tangan, dan hidung sebelum tanganmu benar-benar bersih.

Jaga jarak dengan pembeli lain

Jangan lupa selalu menjaga jarak dengan orang saat kamu berbelanja. Harus diketahui virus Covid-19 itu menular dari cipratan ludah (droplet) orang yang terinfeksi virus saat dia bersin dan batuk. Jadi, jaga jarak aman minimal 1 meter.

Baca juga: Kiat Aman Belanja Online Agar Tak Kena Tipu

Begitu pun saat mengantre di kasir, tidak usah berdempetan karena justru kemungkinan virus menular juga lebih besar.

Bertransaksi dengan uang elektronik untuk belanja saat covid-19

tips belanja saat covid-19

Salah satu medium yang paling mungkin menyebabkan menularnya virus Covid-19 ternyata adalah lembaran uang, karena biasa berpindah dari satu tangan ke tangan lain.

Selama pandemi virus mematikan ini masih terjadi, baiknya gunakan transaksi dengan uang elektronik. Kamu bisa membayar dengan kartu kredit, debit, atau dompet eletronik seperti OVO, Gopay, Dana, Sakuku dan lain-lain.

Selain lebih aman, siapa tahu akan mendapat potongan harga dari pihak sponsor. Iya, kan?

Fasilitas belanja online

Tidak yakin akan bisa berbelanja di luar?

Nah, kenapa tidak berbelanja online saja. Beberapa barang bisa dipesan dan diantar langsung. Meskipun harganya mungkin sedikit mahal, tetapi kamu tidak perlu repot keluar rumah.

Selain itu belanja online khusus kebutuhan sehari-hari dan makanan, juga sering mendapatkan potongan harga atau promo.

Sudah tentu setelah barang belanjaan sampai di rumah, kamu harus mencucinya dengan bersih. Termasuk mensterilkan bungkus makanan dalam kemasan menggunakan alkohol.

Baca juga: Langkah Mudah Diet Finansial

Sekedar mengingatkan, kalau kamu kebetulan berbelanja sendiri, saat tiba di rumah segeralah mandi dan berganti pakaian. Kalau semua kamu jalani dengan kesadaran penuh, kamu tetap bisa berbelanja dan terhindar dari virus dengan tips belanja saat covid-19 ini.

Jangan ketinggalan tips dan inspirasi bisnis, finansial, serta investasi dari Satu Tumbuh Seribu